Pages

Sunday 10 March 2013

KEEP CLEAN LOSARI MAKASSSAR

Keberhasilan dari seorang Ilham Arief Sirajuddin sebagai WALIKOTA MAKASSAR selama 10 tahun, patut diacungin jempol, konsep pembangunan menuju kota dunia telah terlihat disudut-sudut kota Makassar.Meski ada beberapa kekurangan termasuk dalam hal peraihan ADIPURA tetapi bukan sepenuhnya sebagai barometer kegagalan.

Komitment IAS atau sang walikota  Makassar telah diusahakan se-optimal mungkin dan sangat wajar ketika dia pun sempat mengeluh bahwa kebersihan lingkungan bukan hanya dari pemerintah daerah itu sendiri melainkan dari kesadaran masyarakat Makassar

Anjungan Losari dipenuhi sampah.

Anjungan Pantai Losari Makassar yang telah dibangun dengan biaya miliaran rupiah dari kejauhan tampak sangat megah dan cantik.

Ornamen-ornamen daerah yang dibangun di tengah-tengah anjungan ikut mempercantik suasana di tempat itu.

Namun, ada hal yang tidak mengenakkan ketika berpijak di tempat ini. Sampah bertebaran di mana-mana. Sampah mulai dari kaleng bekas minuman, tisyu, hingga kantong plastik yang bertebaran dimana-mana.

Di tempat ini memang tersedia tempat sampah. Akan tetapi, tong sampah yang disediakan di pinggiran anjungan, tampak hanya berperan sebagai pemanis saja.

Pengunjung lebih memilih membuang sampah di bawah tempat duduk atau di lantai. Ada juga yang memilih jalan praktis, membuang sampah di laut.

Jika air sedang surut, pengunjung bisa menyaksikan tumpukan sampah di bawah anjungan. Sampah-sampah ini merupakan buangan dari pengunjung dan sampah dari kanal-kanal yang bermuara di Losari.

Kesadaran Masyarakat

Dalam hal Kebersihan Lingkungan sebenanrnya diperlukan KESADARAN kita akan pentingnya lingkungan yang bersih. Yang terlihat dibeberapa pojok kota Makassar bahwa sanksi dari PERDA pun telah dipersiapkan tetapi kuyrang tegas dalam penerapan serta pengawasan, ditambah lagi prilaku masyarakat yang seenanknya membuang sampah.

Dimulai dilingkungan masing-masing, atau menjadi kebiasaan, maka kota Makassar akan menjadi nyaman dan sehat menuju kota dunia nantinya.

Kalau semua itu tak bisa dijaga, sungguh sangat disayangkan, besarnya nilai investasi yang dibangun oleh Pemerintah Kota Makassar tetapi tidak dibarengi dari kesadaran masyarakatnya akan pentingnya lingkungan sehat dan bersih.

Go Clean Makassar !!!

No comments:

Post a Comment