Pages

Friday 12 April 2013

Mengenal program H.A.KADIR HALID sebagai Bakal Calon Walikota Makassar



MAKASSAR BANGKIT MENUJU   KOTA DUNIA, YANG BERDAYA SAING
UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG SEJAHTERA
( oleh H. Andi Kadir Halid )


Rumusan Visi tersebut  mengandung maksud sebagai berikut :

1.  MAKASSAR BANGKIT, mengandung makna bahwa perlu dilakukan upaya secara sadar untuk memberdayakan dan mengoptimalkan segenap potensi seluruh sumber daya baik sumber daya alam, Sumber daya buatan, sumber daya manusia maupun sumberdaya sosial, secara bersama-sama dan sinergis dengan greget dan semangat yang kokoh untuk mengembalikan masa kejayaan Kota MAKASSAR MENUJU KOTA DUNIA.  MAKASSAR  BANGKIT MENUJU KOTA DUNIA juga mengandung pengertian bahwa banyak potensi yang masih tersembunyi,  belum diberdayakan, harus di gali dan dibangunkan untuk bergerak bersama-sama menggerakkan roda pembangunan baik secara  kultural, fisik, maupun  secara ekonomi. 
Sejarah mencatat, Kota MAKASSAR telah banyak melahirkan tokoh mewarnai perjalanan negeri ini. Sederetan nama politisi dan birokrat yang berskala nasional, pionir-pionir yang piawai menggerakkan ekonomi local agroindustri, akademisi-akademisi yang cukup disegani, budayawan-budayawan, dan masih banyak sederet putra MAKASSAR yang dapat dibanggakan mampu menjadi inspirasi untuk membangkitkan semangat  MAKASSAR BANGKIT MENUJU KOTA DUNIA.  
   
2.  KOTA YANG BERDAYA SAING, mengandung pengertian bahwa dalam era otonomi daerah ini, Kota MAKASSAR harus dapat mewujudkan daya saing dengan daerah dan kota lain dalam lingkup nasional bahkan internasional. Segala kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan/tantangan perlu didentifikasi secara tepat.  Perlu dilakukan langkah menggunakan kekuatan untuk menangkap peluang, menggunakan kekuatan untuk  menghindarkan hambatan, mengatasi kelemahan dengan mengambil peluang yang ada dan meminimalkan kelemahan dan menghindarkan hambatan yang ada.  Kota MAKASSAR harus segera mengambil langkah strategis guna mengejar ketertinggalan dengan Kota-kota lain. Dengan Semangat MAKASSAR BANGKIT MENUJU KOTA DUNIA kita dapat membawa Kota MAKASSAR sebagai kota yang berdaya saing cukup kuat di tingkat nasional maupun internasional.     

3. MASYARAKAT YANG SEJAHTERA, mengandung pengertian bahwa segala upaya pembangunan diarahkan bagi tercapainya kesejahteraan seluruh masyarakat Kota MAKASSAR tanpa kecuali. Sejahtera adalah terpenuhinya kebutuhan dasar seperti pangan, sandang, papan, pendidikan,  kesehatan maupun penghasilan, keamanan termasuk di dalamnya adalah kemudahan akses, kenyamanan  dan keamanan  infrastruktur dan pelayanan perkotaan.
Pembangunan dimaksudkan suatu upaya terkoordinasi untuk menciptakan alternatif yang lebih banyak secara sah kepada setiap masyarakat untuk me¬menuhi dan mencapai aspirasinya yang paling manusiawi  untuk mencapai keadaan yang lebih baik dimasa mendatang. Pembangunan harus mengupayakan agar kualitas hidup manusia sebagai individu maupun sebagai masyarakat harus terus menerus meningkat.  Untuk menjamin hal tersebut maka perlu kiranya dilakukan pengembangan dan pemeliharaan ketersediaan sumberdaya, baik sumberdaya alam, sumberdaya buatan, sumberdaya manusia maupun sumberdaya sosial. 
Lebih sederhananya, pembangunan merupakan perpaduan yang optimal antara tujuan sosial, ekonomi dan ekologi. Adapun dalam rangka menterjemahkan visi ke dalam rumusan program dan kegiatan pembangunan, maka dapat saya rumuskan Misi pembangunan Kota MAKASSAR adalah sebagai berikut :

1. Bangkit Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi yang Efisien, Produktif dan Merata
Perwujudan misi ini dilakukan melalui pengembangan pertumbuhan ekonomi yang efisien dan berorientasi pada penciptaan lapangan kerja , produktif dan merata mendorong kegiatan perdagangan dan jasa sebagai aktivitas ekonomi utama dan menjadi tulang punggung tercapainya kesejahteraan masyarakat dengan tetap konsisten pada upaya pemberdayaan ekonomi local;

2.  Bangkit Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik
Dilakukan melalui peningkatan kinerja pelayanan publik yang  pasti, cepat, tepat, aman dan terjangkau yang didukung kelembagaan birokrasi yang efektif dan efisien, aparatur yang professional, infrastruktur  yang memadai, dalam suasana politik, hukum, dan kamtibmas yang kondusif;

3.  Bangkit Mewujudkan masyarakat yang berkualitas
Dilakukan melalui  peningkatan pembangunan sumber daya manusia yang utuh  dan menyeluruh guna  mewujudkan insan manusia yang bermartabat baik jasmani maupun rohani, makhluk pribadi maupun sosial dalam kerangka nilai-nilai humanis dan pluralis;

4.  Bangkit Mewujudkan Tata Ruang Wilayah dan Infrastruktur yang berkelanjutan
Perwujudan misi ini dilakukan dengan mendorong pusat-pusat pertumbuhan baru, pengembangan kawasan hinterland, maupun pengembangan sarana utilitas dan estetika kota secara berkesinambungan dengan memperhatikan tata kelola lingkungan yang abadi. 

Visi dan Misi saya selaku Bakal Calon Walikota Makassar ini ingin menjadikan MAKASSAR  BANGKIT  dengan pemberdayaan masyarakat kecil dan pemberdayaan sumber daya manusia yang siap bersaing MENUJU KOTA DUNIA nantinya.

Sumber:http://sukamakasar.blogspot.com/2013/04/mengenal-program-hakadir-halid-sebagai.html

No comments:

Post a Comment