Pages

Friday 29 March 2013

PEMIMPIN itu harus TEGAS dan BERANI !!!!!!

Ya namanya juga pemimpin, berani memimpin ya berarti harus berani juga menanggung segala resiko yang ada. Pemimpin itu tidak seharusnya ‘bersembunyi’, melainkan harus berani menghadapi siapapun yang mengganggu dan mengancam kepentingan kelompok yang dipimpinnya.

Sebelum dipilih hendaknya orang yang bakal jadi pemimpin itu harus siap dengan segala hal yang berhubungan dengan segala kepentingannya, kalau tidak siap mending tidak usah. Daripada setelah jadi pemimpin ada ketidakpuasan dari kelompoknya. Begitu juga bagi kita yang memilih sang pemimpin itu.

Jangan asal pilih saja. Jangan memilih karena ‘bayaran’, jangan memilih karena ada ‘keterikatan’, tapi pilihlah berdasarkan kriteria pemimpin yang dibutuhkan, jangan sekedar memilih. Sayang suara kita sebagai pemilih kalau nantinya pemimpin yang terpilih tidak becus.

Memang tidak mudah jadi pemimpin. Orang yang menjadi tanggung jawab itu besar, objek yang menjadi tanggung jawab itu besar, dan segala hal yang ada di bawah pimpinan itu membutuhkan tanggung jawab besar.

Jadi jangan sekedar ingin memimpin, atau gila kuasa, gila hormat dan sebagainya. Siapkan dirimu dulu baru ajukan dirimu untuk menjadi pemimpin. Daripada nanti kita yang dipimpin bakalan menderita karena pemimpinnya tidak tegas, tidak tepat janji, apalagi bila tidak bertanggungjawab. Jadi pemimpin ya memang harus tegas, harus berani menghadapi segala resiko, harus berani menghadapi tantangan, dan jujur. Masa pemimpin ‘bersembunyi’ dari tanggung jawab dan resiko, membiarkan kita yang dipimpin menanggung segalanya.

Kita sengsara ya sengsara, kita menderita ya menderita, kita miskin ya miskin, dan segala macam, tapi pemimpin malah ‘aman’ dan ‘nyaman’ di tempat ‘persembunyiannya’.

Jadi pemimpin itu harus tegas, jangan sekedar ingin kekuasaan atau pun harta. Tidak ada yang perlu dikejar dari jabatan sebagai ‘pemimpin’. Jika tidak siap jadi pemimpin ya biarkan saja orang yang lain yang lebih siap menjadi pemimpin.

Tidak usah dipaksakan, daripada yang dipimpin nantinya ‘tersiksa’. Kita juga sebagai pemilih yang nantinya akan dipimpin, jangan sampai suara atau pun hak pilih kita yang sangat berharga ini tertuju pada orang yang salah.

Tentukan benar-benar siapa yang layak dipilih, tidak usah lihat latar belakangnya, tidak usah lihat isi ‘amplop’ sebagai sogokan, tidak usah lihat tampangnya, tujukan pilihan kita kepada orang yang layak. Jangan terbuai dengan janji busuk, janji palsu, rayuan kata-kata manisnya, dan sebagainya yang semuanya itu hanyalah sumpah sampah belaka.

Pilih pemimpin yang tegas karena memang pemimpin harus tegas. Percayakan pada pemimpin yang tegas yang tahu apa keputusan terbaik demi kepentingan kelompoknya, pemimpin yang menjadi pelindung dan bermartabat, jangan sampai ketidakadilan kembali terjadi nantinya.

Pemimpin ya harus tegas yang tidak akan dengan mudahnya melepas hak kita begitu saja, yang tidak hanya memikirkan kepentingannya sendiri, yang siap mengambil resiko apapun keputusan yang telah dan seharusnya dibuat.

Sebagai pemimpin berarti siap menjalankan tanggung jawab, jangan malah lari dari tanggung jawab. Jalankan apa yang harus dijalankan, jangan cari ’selingan’ yang tidak berguna bagi kelompok yang dipimpinnya.

Jadilah pemimpin yang tegas kalau hendak memimpin, kalau tidak bisa ya tidak usah.Gitu aja, kok repot !!!

No comments:

Post a Comment