Pages

Wednesday 6 March 2013

Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggal dunia

Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggal dunia di usia 58 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (6/3/2013), pukul 16.25 waktu setempat.

Seperti dilansir CNN, Wakil Presiden Nicolas Maduro mengumumkan berita duka itu dengan diapit oleh jajaran menteri kabinet. "Kita harus bersatu sekarang lebih dari sebelumnya," katanya, menyerukan rakyat Venezuela untuk tetap damai dan hormat.

Rencana pemakaman Chavez, menurutnya, akan segera diumumkan pemerintah Venezuela. Namun, dia belum menentukan kapan pemilu akan digelar.

"Orang-orang kami dapat mengandalkan memiliki pemerintahan laki-laki dan perempuan berkomitmen untuk melindungi mereka," ujar Maduro.

Pengumuman itu terjadi beberapa jam setelah Maduro bertemu dengan para pemimpin negara atas politik dan militer tentang kondisi kesehatan memburuk Chavez setelah mengalami infeksi pernafasan parah.

Chavez yang sudah 14 tahun menjabat sebagai orang nomor 1 di Venezuela, kembali terpilih sebagai presiden pada Oktober 2012. Namun pengucapan sumpah jabatan terpaksa ditunda akibat penyakitnya.

Ia bertolak ke Havana 11 Desember 2012 untuk menjalani operas, untuk yang keempat kali pasca-didiagnosa kanker pada pertengahan 2011 lalu. Tumor dilaporkan diangkat dari wilayah pinggulnya. Chavez juga menerima perawatan kemoterapi dan radiasi.

Beberapa pekan lalu, untuk kali pertama pasca-operasi, gambarnya dipublikasikan oleh Pemerintah Venezuela. Chavez terlihat tersenyum saat berbaring di tempat tidur, membaca surat kabar. Didampingi dua putrinya

No comments:

Post a Comment